Pariaman – Bawaslu Kota Pariaman melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Bersama Kelompok Disabilitas di Kota Pariaman di Kantor Bawaslu Kota Pariaman, Jumat (24/5/2024).

Rakor ini dihadiri oleh komunitas disabilitas dari yayasan National Paralympic (NPC) of Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Ulil Amri menyampaikan rasa terima kasih kepada penyandang disabilitas yang telah ikut berpartisipasi dan bersemangat dalam pelaksanaan Pemilihan Umum di Indonesia, khususnya di Kota Pariaman.

Bawaslu Pariaman juga merangkul dan mengajak kalangan disabilitas untuk terus berpartisipasi dalam mengawasi pemilu, serta ikut menyalurkan hak pilihnya.

Ulil Amri menyebutkan, kami mendengarkan keluh kesah kalangan disabilitas yang menggunakan kursi roda, dimana mengalami kesusahan dalam hal akses ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat pemilu 2024 yang lalu. Hal ini perlu menjadi evaluasi bagi KPU dan jajaran sebagai pelaksana teknis.

“Tak hanya dalam Pemilu 2024, Pemilihan Kepala Daerah tanggal 24 November nanti, bapak-bapak dan ibu-ibu juga lebih bersemangat lagi dalam mengawal hak pilih kita”. Tak hanya itu, Ulil juga mengajak kepada penyandang disabilitas yang menuju usia 17 Tahun untuk dapat didata oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar saat Pemilihan 2024 nanti dapat menggunakan hak pilihnya.

Terlepas dari itu, peserta Rakor juga memberikan masukan agar adanya pelayanan yang bisa memudahkan penyandang disabilitas dalam memberikan hak politiknya dalam pemilu.

Ketua Yayasan Nasional Paralympic (NPC) Kota Pariaman, Syafrizal menyampaikan besar harapannya kepada kalangan disabilitas Kota Pariaman untuk dapat berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada Serentak tahun 2024 di Kota Pariaman.

Rakor berjalan dengan lancar dan aktifnya peserta dalam bertanya membuat rapat menjadi lebih hangat.

Dokumentasi kegiatan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *